Cara Jual Beli Mobil di KAUST

Cara Jual Beli Mobil di KAUST

Ditulis oleh Aditya Prabaswara

Catatan: cara ini hanya berlaku apabila penjual dan pembeli mobil punya KAUST ID, sehingga proses jual beli bisa difasilitasi oleh GASC.
Untuk mobil yang akan dijual, maka syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1. Fahas (vehicle inspection) yang masih berlaku untuk mobil dengan usia > 2 tahun.
2. Istimara (vehicle registration) yang masih berlaku.
Berikut adalah proses jual beli:
  1. Apabila sudah deal dengan penjual/pembeli, maka pembeli bisa submit request “car ownership transfer” dari portal KAUST. Upload dokumen-dokumen yang dibutuhkan (iqama, driving license, KAUST ID, istimara) di web, dan pergi ke GASC untuk mendapatkan surat pernyataan jual beli kendaraan. Surat ini akan digunakan pembeli kendaraan untuk membeli asuransi atas namanya.
  2. Di sini ada pembeli bisa memilih untuk membeli asuransi lewat GASC, atau mendapatkan quotation sendiri dari perusahaan asuransi. Saat tulisan ini dibuat, salah satu asuransi yang bekerja sama dengan KAUST adalah Marsh. Pembeli bisa mengkontak sameer.riaz@marsh.com untuk mendapatkan quotation dan mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan. Ada dua jenis asuransi: third party liability (TPL) dan comprehensive. TPL mengcover kerusakan yang diakibatkan pemilik asuransi ke orang lain – misalnya A menabrak mobil B, maka asuransi TPL A akan mengcover biaya perbaikan B. Untuk comprehensive, maka selain mengcover biaya perbaikan B, asuransi juga akan mengcover biaya perbaikan mobil A untuk di atas 1000 SAR. Berdasarkan pengalaman penulis perbedaan TPL dan comprehensive sekitar 300 SAR untuk mobil usia 4 tahun.
  3. Setelah mendapatkan bail bond dari perusahaan asuransi, berikan dokumen tersebut beserta istimara asli penjual ke GASC. Di sini, pastikan nomer telepon penjual dan pembeli tercatat oleh GASC dengan benar. Nantinya baik penjual dan pembeli akan mendapatkan SMS berisi one time password (OTP), dan akan ada agen yang menelepon untuk menanyakan OTP tersebut. Biaya transfer adalah 600 SAR.
  4. Dalam sekitar 3 hari kerja, akan ada sms notifikasi bahwa kepemilikan kendaraan sudah berhasil ditransfer. Kemudian, GASC akan mengirimkan email ke pembeli untuk mengambil istimara yang baru.
  5. Bagian terakhir: pastikan data pemilik mobil dan stiker mobil diganti. Ini diperlukan supaya traffic violation yang terjadi di KAUST tidak jatuh ke pemilik yang lama. Caranya adalah dengan membawa mobil ke parkiran antara building 4 dan 5. Spot parkir untuk ganti stiker ada di dekat pintu keluar parkiran dan sudah ditandai. Kunjungi GASC bagian stiker, dan submit kopi KAUST ID, driving license, asuransi, dan istimara pemilik yang baru. Petugas dari GASC akan mengganti stiker yang lama.
Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *