Daftar Laboratorium/Grup Penelitian di KAUST

Daftar Laboratorium/Grup Penelitian di KAUST

Berikut daftar laboratorium atau grup penelitian yang ada di KAUST. Setiap lab dipimpin oleh satu orang faculty yang disebut Principal Investigator (PI). Update terbaru ada sebanyak 83 laboratorium/grup penelitian.

Lab List at KAUST_1

Daftar laboratorium yang ada di KAUST_2

Lab List at KAUST_3

Tips agar mudah diterima dalam tim mereka adalah:

  1. Mempunyai hubungan hirarki akademik. Misalnya, berasal dari kampus yang sama, mempunyai sejarah pembimbing yang sama, dll.
  2. Cari grup yang masih sedikit anggotanya.
  3. Cari grup yang baru dibentuk karena faculty yang baru saja bergabung dengan KAUST. Cari melalui google dengan kata kunci “Newly Appointed Faculty KAUST”.
  4. Punya bukti ketertarikan dan kecocokan dengan grup, misal: paper atau karya lain semisal perangkat lunak, alat, atau paten.

Kita bisa bergabung dengan mereka sebagai Research Scientist, Postdoctoral Fellow, PhD student atau MS student. Untuk bergabung sebagai Research Scientist atau Postdoctoral Fellow tidak ada waktu khusus untuk mendaftar. Untuk bergabung sebagai PhD atau MS student, harus melalui penerimaan mahasiswa baru (admission). Silakan sering-sering berkunjung ke admission web  dan tolong baca F.A.Q. (Frequently Asked Questions) yang ada. Untuk MS student, tidaklah harus untuk memperoleh sponsor dari PI saat mendaftar ke KAUST karena di KAUST ada 2 jalur MS degree: MS with Thesis dan MS non-Thesis. Bagi pendaftar PhD dan MS/PhD (program S3 dari S1), hal ini merupakan syarat mutlak sebelum proses mendaftar ke KAUST.

Dalam ketiga foto di atas, ada kolom “Jurusan yang mungkin terlibat/bisa masuk” yang hal ini tidaklah mutlak. Asalkan PI setuju dan mereka mempunyai posisi yang kuat, maka pembimbing lintas jurusan dalam KAUST pun bisa diadakan.

Jurusan yang tertulis dalam kolom itu adalah jurusan asal dan belum tentu jurusan yang ada di KAUST. Misalnya, di Indonesia ada jurusan fisika yang nantinya dibagi-bagi dalam sub-jurusan keahlian. Sedangkan di KAUST, tidak ada jurusan fisika (Physics) yang ada adalah jurusan yang ilmunya diturunkan dari fisika. Misal tertarik dengan semiconductor, bisa mendaftar ke EE (Electrical Engineering). Tertarik dengan geofisika, bisa mendaftar ke ErSE (Earth Science & Engineering). Tertarik dengan solar cell, bisa mendaftar ke MSE (Material Science & Engineering). Tolong untuk fleksibel dalam melihat dan memahami peluang di sini.

Semoga sukses dan sampai jumpa di KAUST.

24 thoughts on “Daftar Laboratorium/Grup Penelitian di KAUST

  1. Selamat siang…saya lala…lulusan s1 administrasi negara…kalau background pendidikan s1 sy tdak sesuai dgn jurusan yg ada dikaust apakah diperbolehkan untuk mendaftar?mengingat sy memiliki ketertarikan dibidang computer science untuk menunjang sistem administrasi dikantor saya?

    1. Coba saja Mas/Mbak, saya tidak punya hak untuk menolak. Yang punya hak dan kuasa adalah Admission Committee.
      Saya sarankan sekali kuliah S1 lagi saja di jurusan yang berkutat dengan sains dan teknologi. Setelah dapat ilmu dan ijazah, baru mendaftar ke sini untuk MS atau langsung PhD bisa.

  2. Soalnya kmrn saya coba buat akun vip nya…dan saat mengisi bagian previous education…ada pilihan degre”BA” it’s mean bachelor administration??emang pilihan jurusan saya tidak ada…tp saya pilih “other” saja.. seharusnya klo memang tdk bisa untuk jurusan selain science tdk dimunculkan pilihan degree”BA” dan “BBA”

    1. Coba saja Mas/Mbak, saya tidak punya hak untuk menolak. You do not know unless you try! Good luck! See you here!

    2. BA means Bachelor of Arts. BA bukan berarti lulusan jurusan seni saja tapi mencakup jurusan apapun selama S1 (undergraduate). Di “barat” ada kurikulum yang disebut “liberal arts” ini mirip di ITB. Anak teknik/sains bisa ambil kuliah manajemen, sosiologi, hukum, anti korupsi, kesenian, psikologi, bahkan agama lain yang bukan dianutnya. Jadi, “gaya bebas” sebagai bahan pengayaan inilah mengapa disebut “liberal arts”. Tetap porsi utama adalah sains/tekniknya. Semoga membantu. Baca: http://www.topuniversities.com/blog/what-liberal-arts-education. Terima kasih 🙂

    3. Again, do not consider our answer as a serious matter. Be really dare to apply! The registration is even free. We encourage for Indonesian citizen come to KAUST! Hope see you here! Thanks.

  3. Assalamualaikum,
    Saya Taruna, saat ini sedang menyelesaikan study S1 di Fisika UB. Insyaallah tahun ini lulus. Saya mendengar informasi dari teman mengenai kaust dan ingin sekali melanjutkan S2 di kaust. Sampai saat ini saya sedang mencari profesor yang sesuai dengan bidang saya yaitu biofisika.
    1. Saya ingin bertanya, apakah besar kemungkinan diterima apabila bergabung pada grup yg masih baru dibentuk?
    2. Bagaimana saya mengetahui jumlah grup dengan anggota yg masih sedikit?

    Terima kasih

    1. 1. Tergantung kualifikasi dan kualitas pendaftar.
      2. Buka satu-satu website groupnya. Ketik di google. Semua riset grup di KAUST terkenal.

      1. Terima kasih banyak telah membantu memberi info dan gambaran mengenai kaust. Oke, saya mengerti sekarang.
        Saya ingin bertanya lagi.
        1. Semoga saya bisa menyusul melanjutkan studi di kaust. Begini, ketika saya diterima. Apakah keberangkatan menuju ke arab ditanggung biaya sendiri dahulu? Saya tidak ingin membebani orang tua dengan biaya besar.
        2. Ketika sampai disana, hal pertama yg perlu saya lakukan apa?

        Saya ingin tahu informasi jelas

  4. Assalamualaikum.
    saya sulton dari fakultas pertanian Universitas Jember. Langsung saja kepertanyaan mas, apakah ada program MS yang berhububgan dengan ilmu tanaman atau pertanian mas?

  5. Assalamualaikum.
    saya saiful, info pedaftaran untuk fall 2017 kan sampai 6 Januari, tahun lalu kalau tidak salah pendaftaran fall nya sampai april.. apa yang april masuk spring 2018? sedang siap2 memperbaiki CV .. nuhun mas..

  6. assalamualaikum

    saya jafar… saya lulusan S1 teknik penerbangan. mau nanya mas apakah disana ada penelitian atau jurusan yg berkaitan dengan aerospace atau teknik penerbangan yah mas ?? karena rencana saya mau melanjutkan MS diKAUST,,,

    terimakasih atas kesediaannya menjawab mas

    1. Adanya clean combustion dan composite material. Ada 2 peneliti di Composite material lab alumni PN ITB. Yang satu Postdoc dan yang satu PhD student in Mechanical Eng (alumni PN ITB 2005).

      1. assalamualaikum

        terimakasih mas farizal hakiki atas jawabannya,, apakah saya bisa tau siapa aja mas naman alumni PN ITBnya ?? atau saya bisa contact mereka via email apa mas ?? insyaallah saya mungkin akan hubungi beliau2 untuk nanya2 lebih jauh mas mohon bantuannya

        terimakasih

      1. boleh minta link lab tentang solar cell pak? apakah itu termasuk jurusan electrical engineering atau yang lain? terima kasih atas infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *