Irmandy Wicaksono: Pergi untuk Kembali (ke Swiss)

Irmandy Wicaksono: Pergi untuk Kembali (ke Swiss)

Ditulis oleh: Irmandy Wicaksono, Intern Student periode 1 November 2015 – 31 Maret 2016

Saya Irmandy, mahasiswa Master in Electrical Engineering and Information Technology di ETH Zürich, Swiss. Interest saya beragam dari flexible/soft electronics sampai wearable systems. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa saya bisa memutuskan untuk ‘istirahat’ dari studi Master saya sementara untuk menjalankan program visiting di KAUST, (of course, salah satunya adalah untuk melarikan diri dari dinginnya negri toblerone). Saya harapkan pengalaman saya dalam menjalankan VSRP di KAUST dapat menjelaskan dan bermanfaat untuk para mahasiswa yang tertarik dengan Visiting Program ataupun program-program lainnya di KAUST.

VSRP adalah suatu research internship program yang unik yang jarang dilakukan oleh universitas-universitas dunia. Program ini dijalankan oleh KAUST untuk menarik para mahasiswa manca-negara agar mengetahui lebih jauh tentang KAUST dan menjalin hubungan-erat dan kolaborasi antar universitas. Proses aplikasinya sederhana, bisa dilihat di  https://vsrp.kaust.edu.sa/Pages/Home.aspx . Yang membuat program ini unik adalah manfaat yang diberikan. Selain akademik kredit (tergantung universitas asal), room in a shared housing (rumahnya aja sharing  kalau kamar nggak kok), asuransi, visa expenses, dan tiket PP, anda akan mendapat stipend (rate-nya tergantung degree anda dan fakultas) dan manfaat-manfaat lainnya.  Program ini cocok untuk anda yang ingin mengetahui KAUST sebelum apply untuk MS/PhD atau mengasah research skills anda lebih jauh dan berkontribusi untuk universitas yang baru ini sambil mengexplore arabian culture. Bener-bener deh, saya ngga pernah menemukan program internship yang se-convenient ini, dari berangkat sampai pulang semua udah diurusin dari pihak KAUST. Kira-kira 30% dari VSRP intern lanjut untuk menjalankan MS/PhD di KAUST karena terpesona dengan manfaat yg diberikan dan mutakhirnya kampus ini!

Hal yang paling menarik buat saya dari KAUST adalah fasilitas labnya yang lengkap dan resource-nya yang banyak, sebagai visiting research student, saya tidak diperlakukan berbeda dengan peneliti-peneliti lain di KAUST. Saya dapat belajar dan menggunakan semua alat yang tersedia, dari Mask Writing sampai ALD, SEM sampai XRD, semua student di sini mendapat kebebasan untuk menggunakan semua fasilitas dan belajar untuk menjadi independent researcher.

kaust1
Me and the fascinating tools!
Walaupun letaknya yang jauh dari kota-kota besar di Saudi Arabia, KAUST juga menyediakan recreational facilities yang lengkap. Selain gym dan berbagai fasilitasnya, ada juga bowling centre, swimming pools, indoor rock climbing, dan horse-riding tracks di sini. KAUST yang dekat dengan Red Sea juga membuat tempat ini cocok untuk orang-orang yang suka dengan pantai dan watersports, Di sini tiap minggunya, selain jalan-jalan ke kota-kota di Saudi, saya juga belajar untuk windsurf; VSRP students juga mendapatkan snorkeling gratis setiap minggunya. Selain windsurfing dan snorkeling, KAUST member juga bisa belajar untuk scuba diving, sailing, fishing, dan stand-up paddle boarding. Al-Marsha Yatch Club juga menyediakan cruise yang bisa disewa untuk private events (snorkeling, swimming, dinner on the red sea, dll).
Enjoy snorkling!
Enjoy snorkeling!

Dari trip gratis ke Jeddah, Madain Saleh sampai makan-makan gratis tiap minggunya, bener-bener deh, VSRP Intern sangat dimanjakan oleh KAUST. Jadi apa lagi, kalau memang punya waktu untuk menjalankan internship di bidang science and technology, langsung aja daftar ke sini!

Oh iya, kalau mau nanya-nanya langsung tentang VSRP @KAUST sama saya bisa dikontak di: wirmandy@ethz.ch.

Salam,
Irmandy

4 thoughts on “Irmandy Wicaksono: Pergi untuk Kembali (ke Swiss)

  1. selamat siang mas,

    setelah mengirim berkas untuk pendaftaran vsrp, apakah perlu mengontak faculty terkait?

    di web vsrp tidak ada keterangan seperti, dan saya sudah tanya pihak sana juga tidak perlu.

    tetapi keterangan di grup fb kaustinadotorg tertulis “Segera hubungi profesor ybs setelah mendaftar resmi melalui web VSRP.”.

    bagaimana proses yang anda jalani?

    selain itu, apakah akan ada keterangan mengenai aplikasi kita, apakah diterima atau ditolak? sebab, saya belum menerima informasi lebih lanjut dari pihak VSRP

    terima kasih banyak

    1. Ya dikontak aja profesornya, kan ada emailnya. Menyatakan kalau Anda berminat dan mendaftar. Good luck!

  2. Assalamualaikum kak…saya chika bru saja lulus master computer science di inggris…dan saya sangat berminat sekali untuk lanjut phd di kaust?yg ingin sy tanyakan…apakah ketika saya mendaftar…gelar sarjana s1 saya juga dipertimbangkan…mengingat saya sarjana ekonomi..walaupun s2 sy computer science apakah tim admission dan profesor akan mempermasalahkan gelar s1 saya untuk bisa diterima dikaust?

    1. Gak masalah selama situ bisa programming lancar. Banyak ujian yang meminta programming on the spot. Daftar aja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *