KAUST untuk Ibu Hamil

Ditulis oleh Lia/Lutfan Sinatra

Bicara KAUST tidak melulu tentang risetnya, tapi juga tentang fasilitasnya yang super lengkap. Lengkapnya fasilitas KAUST ini benar-benar dirasakan oleh seluruh komunitas termasuk komunitas para ibu hamil. Mulai kontrol pertama kandungan hingga pasca melahirkan dapat dilakukan di KAUST. Tepatnya di KAUST Medical Center (KMC), nama sebuah klinik dalam KAUST.
KMC memiliki qualified ob-gyn doctors’ yang siap memberikan layanan kepada ibu hamil serta konsultasi seputar kehamilan. Selain itu, transportasi bus yang tersedia dalam kampus sangat memudahkan ibu hamil datang dan pergi ke klinik. Terasa aman dan nyaman.

13305933493_36cbead292_h

Biar ada gambaran lebih lanjut, berikut rangkuman fasilitas KAUST untuk para ibu hamil 🙂

Buku Catatan Kehamilan (Pregnancy Card)
Pregnancy Card akan diberikan saat kontrol per tama kandungan di KMC. Buku catatan ini berisi segala informasi tentang kondisi kandungan tiap bulannya serta berbagai macam informasi seputar kehamilan.

IMG_7804
Pregnancy Card

 

KAUST H-connect System
KAUST H-connect System adalah sistem informasi online untuk layanan kesehatan di KAUST. KAUST H-connect System umum dimiliki oleh semua komunitas KAUST. Adanya sistem ini sangat memudahkan pasien untuk membuat janji dengan dokter, mengecek hasil tes atau catatan medis lainnya.

booking
Tampilan awal H-Connect System

 

Ultrasound (oleh Radiologist)
Fasilitas lainnya yang kita dapatkan adalah layanan tes ultrasound yang menyeluruh. Untuk melakukan tes ultrasound dengan seorang Radiologist tidak perlu jauh-jauh pergi ke rumah sakit Jeddah, di klinik KAUST juga bisa. Walaupun ultrasound ini biasa dilakukan langsung oleh dokter Ob/gyn di tiap kali kontrol, namun dengan Radiologist, ultrasound akan dilakukan lebih detail, berupa ukuran tiap organ, berat janin, serta detail lainnya. Umumnya ultrasound dengan Radiologist ini dilakukan saat kandungan menginjak trisemester pertama, kedua, dan ketiga.

IMG_7795
Hasil tes radiology

 

Tes Laboratorium
Beberapa tes laboratorium yang dibutuhkan selama masa kehamilan pun dapat dilakukan di KMC. Biasanya di awal kehamilan, tes darah umum dilakukan, terutama untuk memastikan kehamilan selain itu untuk mengecek tingkat kesehatan ibu dan janin. Apakah ada tindakan lanjut yang perlu dilakukan atau tidak. Dan hasil tesnya dapat dilihat di H-connect System.

tes-darah-190914
Gambar ilustrasi: Tes darah

 

Farmasi
KMC didirikan lengkap dengan farmasi di dalamnya. Semua obat tersedia. Cukup menunjukkan kartu identitas, pharmacist akan mencari resep dokter yang sudah tercatat dalam system. Selain di klinik, obat dapat dibeli di supermarket KAUST (Tamimi Market), namun untuk ini resep dokter tidak diperlukan.

IMG_7805
Obat-obatan dari KAUST farmasi

 

Pre-natal Yoga
Untuk menjaga kesehatan janin dalam perut, dibutuhkan senam hamil atau Yoga agar si ibu terus bergerak aktif. Pre-natal Yoga hadir di KAUST, tepatnya di Harbor Recreation Center (HRC), untuk ibu-ibu hamil dengan umur kandungan antara 12 minggu hingga 35 minggu. Fee-applied untuk tiap pertemuan.
Selain yoga di Harbor, ada juga senam hamil di KAUST Health tiap pekan sekali dan gratis!

relaxation
Iklan relaksasi KMC untuk ibu hamil

 

Edukasi untuk Ibu Hamil
Hal-hal seputar dunia anak, apa saja yang terjadi selama masa kehamilan, bagaimana cara menyusui yang benar, dan lain-lain, semuanya akan dikupas habis oleh patient educator. Seperti namanya, patient educator ini akan mengedukasi calon ibu untuk hal-hal mengenai kehamilan dan pasca melahirkan.

IMG_7962
Informasi seputar kehamilan

 

24jam Emergency Room
Melahirkan bisa terjadi kapan saja. Jika mulai terjadi kontraksi yang berkelanjutan, Emergency Room KAUST siaga 24 jam menerima pasien. Dan jika memang hendak melahirkan, sang ibu hamil akan dirujuk ke rumah sakit di Jeddah menggunakan KAUST ambulans.

13305785495_67ec0dca53_o
KAUST Ambulans (sumber: Official KAUST Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *