Uniknya KAUST

Oleh Lutfan Sinatra

King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) adalah universitas pascasarjana (hanya untuk mahasiswa S2 dan S3 saja; tidak ada program S1), berbasis riset dan berskala internasional yang terletak di kota Thuwal, provinsi Mekkah, Arab Saudi. Thuwal terletak sekitar 90 km di utara kota Jeddah. KAUST secara resmi dibuka pada 23 September 2009, dan pada tiga tahun pertama dioperasikan oleh Saudi ARAMCO, sebuah perusahaan minyak Arab Saudi. KAUST memiliki dana abadi terbesar kedua di dunia setelah Universitas Harvard. Dana pendiriannya sekitar 20 milyar dollar AS. KAUST sering disebut juga sebagai Rumah Kearifan (House of Wisdom), atau “MIT Arab” oleh media. Presiden (rektor) pertamanya adalah Prof. Choon Fong Shih (bekas rektor National University of Singapore), yang kemudian digantikan oleh Prof. Jean-Lou Chameau (bekas rektor California Institute of Technology – Caltech). Bahasa pengantar di KAUST adalah bahasa Inggris. Komunitas KAUST sangat global: lebih dari 90 warga negara bermukim di KAUST.

beacon

KAUST-Location

UNIKNYA KAUST

KAUST is “ a living gift”

“Bermimpilah, lalu wujudkanlah mimpi anda.” Mungkin demikianlah kalimat yang cocok untuk menggambarkan bagaimana KAUST terlahir. KAUST lahir dari impian Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, raja Arab Saudi saat ini. Beliau bermimpi mendirikan sebuah universitas yang berkualitas internasional yang mengembalikan tradisi pemberian beasiswa kepada para sarjana. KAUST juga bertujuan untuk mengembalikan jaman keemasan peradaban Islam.

Ide pendirian KAUST sudah menjadi impian saya lebih dari 25 tahun silam

Kalimat itu diucapkan Raja Abdullah dalam pidato upacara peresmian KAUST tahun 2009. Dapat dibayangkan bahwa KAUST bukan sekedar impian semalam: KAUST adalah impian seorang raja yang akhirnya dapat terwujud setelah 25 tahun perjuangan. Sebuah cita-cita yang mulia, dan semoga Allah SWT membalasnya dan terus menjaga impian beliau.

Harapan dari Raja Abdullah adalah bahwa setiap orang di KAUST akan terinspirasi untuk mencari pengetahuan tidak hanya untuk kepentingan diri mereka sendiri, tetapi juga untuk tujuan yang lebih besar yaitu untuk melayani umat manusia. Caranya adalah dengan menemukan solusi ilmiah untuk menjawab tantangan kerajaan dan dunia. (Sharing the dream, Annual Review 2011-2012).

kaust2

Visi dan misi KAUST

Visi:  “KAUST will be a globally renowned graduate university that makes significant contributions to scientific and technological advancement, and will play a crucial role in the development of Saudi Arabia and the world.”

Misi: “KAUST advances science and technology through bold and collaborative research. It educates scientific and technological leaders, catalyzes the diversification of the Saudi economy, and addresses challenges of regional and global significance, thereby serving the Kingdom, the region, and the world.”

Dari definisi di atas, kita mengetahui bahwa KAUST berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nantinya, KAUST diharapkan dapat mendidik para pemimpin ilmiah dan teknologi, mempercepat diversifikasi ekonomi di Arab Saudi serta menjawab tantangan regional dan global.

kaust-st02

Pembagian divisi dan program studi di KAUST

Tidak seperti pembagian divisi atau departemen pada umumnya, divisi dan program studi di KAUST dikelompokkan dengan melihat kedekatan riset bidang masing-masing. KAUST mempunyai tiga divisi akademik, yaitu Biological and Environmental Sciences and Engineering (BESE), Computer, Electrical and Mathematical Sciences and Engineering (CEMSE), dan Physical Sciences and Engineering (PSE). Ketiga divisi tersebut terbagi menjadi 12 program studi dan 9 pusat riset.

(i) Biological and Environmental Sciences and Engineering Division

Bioscience
Environmental Science & Engineering
Marine Science
Plant Sciences

(ii) Computer, Electrical and Mathematical Sciences & Engineering Division

Applied Mathematics and Computational Science
Computer Science
Electrical Engineering

(iii) Physical Sciences and Engineering Division

Chemical Science
Chemical and Biological Engineering
Earth Science & Engineering
Materials Science & Engineering
Mechanical Engineering

Selanjutnya, anda dapat mengikuti link ini untuk masing-masing jurusan KLIK

Catatan: KAUST tidak membuka jurusan Ekonomi, Sosial, Sastra, Hukum. Khusus sains dan teknik saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *