Webinar KAUST-PPI Arab Saudi: Tanya Jawab

Webinar KAUST-PPI Arab Saudi: Tanya Jawab

Terima kasih kepada 100+ peserta webinar yang telah log-in via zoom ke diskusi kami bertajuk “KAUST, Kampus di Saudi untuk Non-Muslim?

Pendahuluan: Kuliah di KAUST, Anda harus siap tinggal dengan suasana internasional, beragam agama, ras, budaya, suku, dan oleh karena itu pengalaman internasional sebelum mendaftar KAUST sangat membantu; baik hanya sekedar plesiran atau untuk tujuan bisnis, conference, atau student exchange. KAUST mencari siswa bukan berdasarkan agama tetapi kemampuan intelektual Anda di bidang sains dan teknologi. Jadikan riset dan pendidikan sebagai alasan formal dan profesional ketika mendaftar ke KAUST.

Maaf, tidak semua pertanyaan terjawab dan ada pula yang terlewat. Berikut jawaban atas semua pertanyaan yang ada:

15:32:46 From Mochamad Iqbal : perkenalkan saya Iqbal dari ITERA
izin bertanya: perlukah tahapan pertama utk mendaftar ke KAUST apakah langsung melalui admission saja atau perlu mengontak dan meminta persetujuan dari calon supervisor terlebih dahulu?

Jawab: Bisa dua-duanya.

15:33:21 From Egy Adhitama : bagaimana persyaratan renewal beasiswa?

Jawab: Beasiswa diterima selama menjadi student, tidak ada istilah renewal di KAUST.

15:33:55 From Irfan Khalid : Assalamualaikum, perkenalkan saya Irfan dari IPB University jurusan Ilmu Komputer. Saya tertarik untuk lanjut pendidikan ke KAUST, khususnya di CEMSE dan lab CBRC. Sekarang riset saya di bidang bioinformatika. Yang saya mau tanyakan, Apakah IP berpengaruh besar untuk masuk KAUST? Soalnya IP saya 3.4 dibawah requirement KAUST yang setau saya minimum 3.5 ke atas

Jawab: Coba saja toh gratis daftar KAUST. Modal IELTS atau iBT saja.

15:34:57 From Siti Ramadhani : Perkenalkan saya Siti Ramadhani dari UIN Sultan Sharif Kasim, Saya ingin menanyakan pihak asisten atau staf profesor yang mas sampaikan tadi, boleh tolong di contohkan yang mana dari web nya?

Jawab: Lebih tepatnya Sektretaris dari Profesor tsb atau Administrative Assistant. Bukan Assistant Professor ya, karena dosen ada 3 jenjang: Assistant Professor, Associate Professor, dan Full-Professor (Professor saja). Jadi, dalam mengemail dosen bisa CC ke Sekretarisnya.

15:35:18 From Widi Dwi Noviandi : Assalamualaikum, salam dari Formosa..
saya mau bertanya ustadz, saya tertarik di Plant Science KAUST sejak saya lulus S1, qodarullah untuk S2 sy belum berkesempatan untuk daftar kaust..sekarang sy sedang on-going MSc di Chiayi Univ, Taiwan, apakah bisa jika masih on-going tapi sudah mulai ngontak professor disana? dan apakah yang diterima di kaust itu sebelumnya harus sudah publikasi ilmiah di scopus dan semisalnya sehingga lebih mudah di terima?

Jawab: Bisa.

15:36:30 From Mardiah Ft : assalamualaikum..mana kah yg lebih dahulu kita lakukan, email profesor sampai dapat konfirmasi dapat profesor nya atau kah daftar dulu lewat website utk PhD ? Terima kasih

Jawab: Dua-duanya bisa.

15:37:03 From Ade Irma Elvira : Assalamu’alaikum. Apakah ada jenjang postdoc disana dan apakah cara pengajuannya sama spt Ph.D?

Jawab: Cari di https://careers.kaust.edu.sa/

15:37:37 From TOSHIBA SC800 : saya abdul aris dari universitas maritim raja ali haji, ingin bertanya: utk Program beaiswa Master di KAUST apakah harus ada proposal penelitian? mohon info y pak, trima kasih.

Jawab: Tidak perlu proposal karena biaya dari KAUST.

15:38:20 From Rama Rizana – KIPMI : Jika ingin melanjutkan studi ke KAUST di bidang yang jauh dari bidang S-2, saran Mas Hakiki lebih baik ulang dan daftar ke MS/Ph.D. atau langsung ke Ph.D? Ada tips khusus bagaimana melakukan pendekatan ke calon supervisor di KAUST yang bidang yang berbeda? Terima kasih.

Jawab: Tunjukkan karya berupa paper atau karya fisik alat atau paten.

15:39:46 From shokhirul imam : Assalamualaikum, mohon izin bertanya, saya dari jurusan peternakan/animal science, apakah bias mendaftar KAUST PhD nya?kalo saya lihat-lihat tidak ada jurusan animal science, namun, professor Arnab Pain mendekati riset saya tentang probiotik?terima kasih

Jawab: Coba saja email.

15:40:09 From Ade Irma Elvira : Nanti saya mau record filenya boleh PPMI? email saya: sunrisemaniez@mail.ru

Jawab: Tunggu di channel youtube kami: KAUST Indonesia

15:40:09 From Fatimah Dinan : Bagaimana kesibukan mahasiswa PhD KAUST scr umum?

Jawab: Sangat sibuk benar-benar full melakukan riset.

15:42:13 From Nurul Pratiwi : Untuk jam kerja lab, apakah di KAUST fleksibel? untuk mobilitas ke lab apakah cukup aman untuk wanita?

Jawab: Sangat aman

15:46:15 From Nahrir Auzaie : salam, apakah ada mahasiswa yang diterima melanjutkan ke kaust pindahan dari kampus KSA yang lain contohnya dari KSU?

Jawab: Tidak ada

15:46:33 From Widi Dwi Noviandi : utk pursuing PhD, apakah mhs2 yang diterima di kaust itu rata2 sebelumnya harus sudah pernah publikasi ilmiah di scopus dan semisalnya sehingga kemungkinan lebih mudah di terima?

Jawab: Ada karya pasti lebih bagus.

15:47:06 From M Akbar : topik riset phd di kaust berdasrkan proposal riset yg kita bawa atau ditentukan oleh prof

Jawab: Ditentukan pembimbing.

15:47:35 From Widi Dwi Noviandi : satu lagi ustadz pertanyaannya, apakah untuk membawa keluarga ada persyaratan khusus kah?

Jawab: Diterima dulu baru kita diskusi itu.

15:47:39 From Muhammad bayu : assalamualaikum, apa s2nya hanya utk Engineering, Mathematics or the Physical, Chemical and Biological Sciences., apa ada s2 seperti ekonomy and business etc. ?

Jawab: Tidak ada.

15:48:22 From Adamsyah – Bandung : Bismillah. Misi, saya udh email Professor sekitar 2 minggu dan belum dibales, apakah artinya bekum cocok ? Kalau coba kirim email ulang apakah etis Mas Hakiki ?

Jawab: Tunggu dulu.

15:48:46 From reza fachrunas : Assalamualaikum. Izin bertanya apakah ada kemungkinan untuk institusi level SMA sederajat bisa bekerja sama dengan KAUST dalam hal admission?

Jawab: KAUST hanya punya program S2/S3.

15:49:23 From Siti Ulfatun Najiyyah : bismillah. saya S1 geologi, S2 teknik sipil geoteknik, apa phd yg bisa diambil? mohon sarannya. terimakasih

Jawab: Earth Science and Engineering ErSE atau Energy Resources and Petroleum Engineering ERPE.

15:49:49 From zikry : assalamualaikum Mas. Saya membaca adw syarat toefl dan GRE untuk Apply KAUST. seberapa besar pengaruhnya? maaf kalau sudah disampaikan. saya aga telat join

Jawab: GRE sangat membantu.

15:52:22 From Ri Sa : Pak Hakiki, saya sudah kirim email ke 3 Prof dan status aplicant admission not yet submit, cz menunggu replay dari Prof. Apa saya submit aplicant terlebih dulu kah ?

Jawab: Pakai cara keduanya.

15:53:45 From Ade Irma Elvira : Assalamu’alaikum Pak. Oh… Hanya S2 dan S3 saja. Artinya Postdoc tidak ada ya

Jawab: Postdoc itu bukan jenjang pendidikan tapi pekerjaan alias karir. Cek https://careers.kaust.edu.sa/

15:54:11 From Muhammad Rama Almafie : assalamualaikum ustadz. saya berasal dari jurusan Physics Education, Walaupun Education, Konsentrasi saya adalah bidang Material Science, Bahkan saya sudah memiliki Publikasi Terindex Scopus. Apakah saya memiliki peluang untuk diterima MSE?

Jawab: Ada.

15:54:39 From Nandita Ika Qothrunnada : izin bertanya ka, apakah kita bisa mengambil fellowship yg PhD tpi blm S2?

Jawab: Daftar jalur MS/PhD.

15:54:55 From Dzaky : izin bertanya ustadz, kalau test GRE itu biasanya dimana ya?
Jawab oleh Rama Rizana – KIPMI : Test GRE bisa di Jakarta, cek website ets.org dan cari lokasi ujian di Indonesia

15:55:18 From Nesta Lestari : Assalamu’alaikum pak, saya Nesta Lestari dari UIN Raden Fatah Palembang. Pak bisa recommend gak kalau dari program studi Manajemen Pendidikan Islam ambil jurusan ap ketika studi di KAUST?

Jawab: Tidak ada di KAUST.

15:56:08 From Yasya Khalif : Assalamu’alaikum wr. wb. Pak, Saya Yasya Khalif mahasiswa S-2 Automation Engineering, NFU, Taiwan. mau menanyakan apakah ada contoh penulisan email yang benar? dan perlukah menyertakan CV?

Jawab: Singkat padat jelas, sertakan CV. Jangan panjang karena tipikal professor menerima email 100+ per hari.

15:57:49 From Siti Ulfatun Najiyyah : klau untuk S1 kedokteran ada program riset yg bisa diambil?

Jawab: Biosciece atau Bio-Engineering, cek BESE KAUST: https://bese.kaust.edu.sa/

15:58:11 From Fatimah Dinan : assalamualaikum, mas, kesibukan & jadwal kerja nya mahasiswa PhD bagimana ya?

Jawab: 8 AM to 5 PM; mostly more than this even weekend, we are working at office, home, or lab.

15:59:09 From Mochamad Iqbal : izin bertanya lagi: apakah di KAUST ada riset tentang geotermal?

Jawab: Ada.

16:00:35 From wiwit : saya lulusan s1 arsitek jurusan apa yg bisa saya pilih

Jawab: Tidak ada.

16:01:34 From Ari Rachman : maaf saya kurang paham, maksudnya ms/phd itu daftar s2 dan s3 sekaligus di kaust apa bagaimana ya mas?

Jawab: Ya, bisa dapet gelar S2 sekalian.

16:06:24 From Ari Rachman : ada expirednya ngga ya waktu untuk daftar terhitung sejak lulus? misal maksimal 2 tahun setelah lulus

Jawab: Tidak ada.

16:06:43 From Fatimah Dinan : leading atmospheric scientist di kaust saat ini di lab apa? research di bidang tsb kolaborasinya antara dept apa dengan dept apa ya?

Jawab: Coba cek Earth Science and Engineering, Prof G Stenchikov.

16:06:48 From Edo : mas, untuk kuliah di arab selain KAUST, pernah ada yang diterima gak dengan IPK di bawah 3? soalnya setau saya KAUST itu rata2 nerima IPK 3.7. Afwan

Jawab: Coba saja toh gratis.

2 thoughts on “Webinar KAUST-PPI Arab Saudi: Tanya Jawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *